Selama masa sosial distancing, pelanggan PDAM Kota Malang didorong untuk manfaatkan layanan online. 

Mulai dari layanan pembayaran tagihan hingga layanan pengaduan diharapkan untuk memanfaatkan layanan online yang ada, dan tidak langsung mendatangi kantor.

Direktur Utama PDAM Kota Malang, M. Nor Muhlas menyampaikan, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, PDAM Kota Malang atau yang kini berubah nama menjadi Perumda Tugu Tirta Kota Malang terus mendorong pemanfaayan layanan online yang ada. 

Karena untuk sementara waktu, layanan tatap muka dibatasi.

"Kami sudah bekerja sama dengan banyak platform, termasuk untuk pembayaran dan aduan agar tak lagi datang ke kantor, tapi secara online saja," katanya.

Layanan secara online dia harapkan mampu mengurangi antrean yang selalu mengular setiap hari. Karena jika antrean terus mengular, dikhawatirkan mampu menyumbang penyebaran virus corona. 

Meski begitu, ia meyakinkan masyarakat jika layanan akan tetap berjalan secara prima dan maksimal.

"Upaya ini sudah kami jalankan untuk menekan dan mencegah penyebaran virus Corona," terangnya.

Sesuai protokol yang ada, menurutnya PDAM Kota Malang juga menerapkan beberapa aturan yang wajib diterapkan dan dipatuhi karyawan. 

Salah satunya adalah melakukan tes suhu tubuh hingga pemberian hand sanitizer bagi karyawan saat datang. Aturan tersebut wajib dilaksanakan setiap karyawan masuk dan keluar dari kantor.

Aturan tersebut juga berlaku bagi para tamu yang datang. Di mana pengukuran suhu sudah tertata mulai pintu masuk. 

Upaya tersebut dilakukan sesuai dengan protokol yang ditetapkan oleh pemerintah.

Bukan hanya itu, Muhlas juga menyampaikan jika PDAM Kota Malang telah memasang wastafel atau tempat mencuci tangan di beberapa kawasan publik. Mulai dari alun-alun hingga pinggir jalan. Wastafel yang disediakan tersebut ia harap dapat dimanfaatkan masyarakat.

Karena sebagaimana anjuran medis, masyarakat harus meningkatkan kebersihan diri. Salah satunya adalah dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir.

"Ini bentuk peduli kami terhadap penanganan Covid-19," pungkasnya.

 

<