Penanganan Covid-19 Serta Pemulihan Ekomoni Jadi Mandat Bupati Trenggalek pada Kades Terpilih | Trenggalek TIMES

Penanganan Covid-19 Serta Pemulihan Ekomoni Jadi Mandat Bupati Trenggalek pada Kades Terpilih

Apr 29, 2021 17:44
Bupati Trenggalek sematkan pita pada perwakilan kepala desa
Bupati Trenggalek sematkan pita pada perwakilan kepala desa

TRENGGALEKTIMES - Lantik 15 Kepala Desa (Kades) terpilih di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin beri mandat penanganan Covid-19 hingga pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Pria yang akrab disapa Gus Ipin ini berharap seluruh Kades terpilih diharapkan mampu menjadi pelopor warganya agar taat kepada aturan pemerintah. Selain itu, Arifin juga berpesan agar memberikan pelayanan secara maksimal terhadap masyarakat.

Baca Juga : Belajar Cara Pengurangan Sampah, DPRD Kabupaten Surabaya Kunker ke DLH Kota Batu 

 

"Layani masyarakat dengan sepenuh hati, sebab anda bisa menjadi kepala desa merupakan kehendak rakyat. Maksimalkan pelayanan terhadap masyarakat, jaga amanah demokrasi rakyat dengan baik," pesan Arifin usai lantik Kades, Kamis (29/4/2021).

Untuk penanganan Covid-19, Gus Ipin menjelaskan, seluruh kepala desa diimbau mengaktifkan kembali Satgas Desa. Setelah kembali bertugas nantinya Satgas Desa akan melakukan tugasnya sesuai SOP yakni sosialisasi ketertiban prokes hingga pendataan warga yang sakit. 

"Satgas Desa merupakan garda depan penanganan Covid-19. Sehingga jika ada sesuatu mendesak, Pemerintah Daerah akan mengambil kebijakan sesuai dengan keadaan yang ada pada suatu desa tersebut," imbuh Bupati Trenggelek. 

Gus Ipin juga menuturkan dengan penangan tepat dan terukur panyebaran Covid-19 bisa ditekan bahkan bisa dikontrol. Hal ini merupakan upaya pemkab agar Trenggalek bisa nol kasus Covid-19. Sehingga fokus penanganan Covid-19 bisa beralih ke kegiatan lain.

"Jika keadaan seperti ini terus dibiarkan akan mengganggu anggaran kita di tahun depan. Sebab, sebagain besar anggaran terpotong untuk penangan Covid-19 untuk dua tahun ini," tuturnya.

Selain itu Gus Ipin mengungkapkan bahwa pemulihan ekonomi di saat pandemi Covid-19 menjadi fokus pemerintah. Seperti salah satu upaya Pemkab Trenggalek yakni memaksimalkan sektor pariwisata. Pasalnya langkah tersebut diyakini bisa menjadi pengungkit ekonomi di tengah pandemi.

Baca Juga : Kakorlantas Mabes Polri Tinjau Pos Pengamanan Simpang Tiga Mengkreng 

 

"Saya beri mandat pada mereka, mudah-mudahan segera terealisasi. Semoga dengan adanya satu desa wisata di masing-masing desa bisa jadi pengungkit ekonomi di tengah pandemi Covid-19 ini," harapnya.

Seperti yang telah dipaparkan Gus Ipin saat sambutan, Pemerintah Kabupaten Trenggalek telah menggagas 100 desa wisata. Sementara pada tahun depan akan ada 32 desa wisata, jika sukses desa-desa lain segera mengikuti.

"Desa wisata ini merupakan langkah strategis kami untuk menggerakkan ekonomi dari tingkat bawah. kami ingin pertumbuhan ekonomi berawal dari desa," pungkas Bupati Trenggalek.

Topik
pemkab trenggalek Percepat Penanganan Covid 19

Berita Lainnya