DPRD Trenggalek Setujui LKPJ Bupati, Ada Beberapa Rekomendasi yang Harus Segera Ditindaklanjuti | Trenggalek TIMES

DPRD Trenggalek Setujui LKPJ Bupati, Ada Beberapa Rekomendasi yang Harus Segera Ditindaklanjuti

Apr 30, 2021 18:33
DPRD Trenggelek serahkan dokumen LKPJ yang sudah dibahas oleh pansus kepada bupati Trenggalek. (Foto: Ganez/TrenggalekTIMES)
DPRD Trenggelek serahkan dokumen LKPJ yang sudah dibahas oleh pansus kepada bupati Trenggalek. (Foto: Ganez/TrenggalekTIMES)

TRENGGALEKTIMES - Setelah menjalani sekian banyak pembahasan oleh panitia khusus (pansus),  akhirnya DPRD Trenggelek menyetujui Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Trenggalek Tahun 2020. 

Dalam rapat paripurna di gedung dewan, semua catatan tentang kinerja Pemkab Trengggalek disampaikan langsung oleh juru bicara Pansus LKPJ. Setelah itu, catatan tersebut telah disahkan oleh ketua DPRD dan dikembalikan kepada bupati untuk ditindaklanjuti. 

Baca Juga : Dukungan Penuh KPK terhadap Penyelenggaraan Jamsostek

 

Doding Rahmadi selaku wakil ketua DPRD Trenggalek menjelaskan bahwa pembahasan LKPJ oleh DPRD sudah memenuhi target. Dan hasilnya, ada beberapa catatan untuk digunakan sebagai evaluasi bupati dalam menentukan kinerja selanjutnya.

"Kami telah menyelesaikan pembahasan LKPJ sesuai yang ditargetkan, yakni tepat 30 hari. Dari hasil pembahasan, memang ada beberapa catatan. Itu semua kita sampaikan kepada bupati untuk ditindaklanjuti," kata dia.

Menurut Doding, ada tujuh poinbcatatan yang direkomendasikan kepada bupati Trenggalek. Point tersebut merupakan penjabaran dari visi-misi yang dicanangkan bupati untuk Pemerintah Kabupaten Trenggalek pada tahun 2020 kemarin.

"Berdasarkan visi-misi bupati terdahulu, ada tujuh poin rekomendasi yang kami sampaikan. Sebagian ada yang sudah tercapai. Namun sebagian masih ada yang belum tercapai," jelas salah satu politisi PDI-P ini.

Ditambahkan Doding, memang dengan melihat catatan Pansus LKPJ, antara capaian dan realitanya tidak sesuai. Oleh karena itu, pansus kembali mengingatkan eksekutif untuk segera menindaklanjuti catatan DPRD Trenggalek.

Baca Juga : Perangkat Desa Curhat 4 Bulan Belum Gajian, Ini Tanggapan Bupati Jember

 

"Semua tahu bahwa ini masih dalam kondisi di tengah wabah pandemi covid-19. Banyak penurunan target capaian karena daya beli masyarakat juga berkurang," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menjelaskan bahwa semua catatan telah diterima dan selanjutnya segera ditindaklanjuti. Untuk mengejar ketertinggalan, bupati targetkan tiga hal besar di masa sekarang. Yakni memaksimalkan penanganan covid-19, meningkatkan pelayanan masyarakat di tengah pandemi covid-19, dan pemulihan ekonomi untuk masyarakat Kebupaten Trenggelek.

"Semua telah disesuaikan dengan program pemerintah pusat dan anjuran presiden. Ditargetkan pada kuartal awal peningkatan ekonomi sudah bisa naik," pungkasnya.

Topik
pemkab trenggalek DPRD Trenggalek Berita Trenggalek

Berita Lainnya