Tak Hanya Jadi Minuman Beralkohol, Ini Manfaat Bir untuk Perawatan Rambut Rusak | Trenggalek TIMES

Tak Hanya Jadi Minuman Beralkohol, Ini Manfaat Bir untuk Perawatan Rambut Rusak

May 03, 2022 07:17
Minuman bir ternyata bermanfaat bagi kesehatan rambut.
Minuman bir ternyata bermanfaat bagi kesehatan rambut.

JATIMTIMES - Permasalahan rambut sering dialami wanita maupun pria. Tak heran orang-orang menyebut rambut adalah mahkota kecantikan bagi kaum wanita. 

Maka dari itu, para wanita berusaha merawar rambut dengan berbagai cara agar tampak berkilau dan sehat.  Tak jarang, para wanita sering menyisihkan uang untuk perawatan rambut ke salon, bahkan membeli produk kesehatan rambut. Intinya, rambut sehat dan berkilau adalah mimpi  setiap orang, terlebih bagi kaum wanita.

Baca Juga : 7 Tips Aman Hadapi Arus Balik Mudik Lebaran 2022

Namun d ibalik itu, tahukah Anda bahwa bir dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut?  Nah, bir tidak hanya untuk diminum, tetapi juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan rambut dan memperbaiki masalah rambut. 

Bir memiliki kandungan nutrisi yang penting seperti vitamin, mineral, fosfor, magnesium, dan vitamin B yang dapat membantu pertumb    uhan serta kesehatan rambut. Adapun manfaat bir untuk rambut adalah sebagai berikut:

1. Kondisioner    
Salah satu khasiat bir adalah sebagai pelembut rambut. Setelah keramas menggunakan shampo, pakailah minuman beralkohol, yaitu bir, sebagai kondisioner rambut Anda. Caranya tuangkan alkohol sesuai selera pada rambut, lalu aplikasikan hingga menyeluruh dari ujung rambut hingga ke pangkal. Kemudian bilas rambut sampai bersih. 

Cara ini cocok bagi Anda yang memiliki rambut kering dan rusak karena akan memberikan hasil yang baik untuk rambut. 

2. Mengatasi Rambut Pecah-Pecah 
Jika mengalami masalah rambut pecah-pecah, gunakan bir untuk mengatasinya. Caranya, saat malam hari, basahi rambut dengan bir. Kemudian tutupi kepala menggunakan handuk semalaman.

 Pagi harinya, siapkan madu dan perasan lemon sebagai bahan pelengkap, lalu aplikasikan ke rambut yang bermasalah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih. Bisa juga menggunakan air hangat.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Tempat Berburu Oleh-oleh di Kota Malang, Ada yang Legendaris

3.  Meningkatkan Volume Rambut
Pastinya Anda menginginkan rambut terlihat bervolume bukan? Nah, agar rambut tampak bervolume dan lebih tebal, maka keramaslah dengan menggunakan bir hangat. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit. Kemudian bilas juga dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

4.  Mencegah Kerontokan Rambut
Kandungan biotin yang terdapat pada minuman bir juga bisa menguatkan akar rambut. Kemudian bir juga bisa dipadukan dengan cuka apel sehingga dapat membersihkan kulit kepala dan memperkuat akar rambut.
 Caranya cukup mencampurkan kedua bahan tersebut. Lalu aplikasikan sebagai masker pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan bilas rambut dengan air hangat.

5. Menumbuhkan Rambut dan Mengatasi Ketombe 
Bawang putih yang mengandung tembaga, seng, besi, magnesium, dan selenium berperan penting membuat rambut berkilau. Perpaduan antara bawang putih dan bir dapat membantu melawan bakteri penyebab ketombe.

Cukup campurkan satu sendok makan jus bawang putih, satu kuning telur, satu sendok makan minyak jarak, dan satu gelas bir. Kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut. Pijat dengan benar. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Bilas rambut dengan air biasa dan gunakan shampo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Rambut rusak Manfaat bir Minuman bir Rambut indah

Berita Lainnya