Musim Kemarau Tiba, Hindari Wajah Berminyak Dengan Cara ini | Trenggalek TIMES

Musim Kemarau Tiba, Hindari Wajah Berminyak Dengan Cara ini

May 13, 2022 10:59
Kulit berminyak bisa bersihkan dengan kertas minyak. (Foto: shuttershock)
Kulit berminyak bisa bersihkan dengan kertas minyak. (Foto: shuttershock)

JATIMTIMES - Musim kemarau mulai hadir di Indonesia. Cuaca akan menjadi sangat panas dan udara pun menjadi lembap sehingga membuat kulit jadi lebih mudah berminyak.

Bagi kalian yang memiliki permasalahan kulit berminyak dalam kondisi cuaca seperti ini, nampaknya perlu melalukan sederet tips di bawah ini untuk menghindari permasalah tersebut. Berikut sederet hal yang perlu kalian perhatikan.

1. Pentingnya minum air mineral

Baca Juga : Tidak Mau Kecolongan, Pemkot Kediri Masifkan Upaya Pencegahan Hepatitis Akut Misterius

Dengan mengonsumsi air mineral yang cukup setiap harinya, maka kondisi kulit akan tetap segar dan terhindar dari masalah berminyak. Bahkan, para ahli menyarankan agar mengonsumsi setidaknya 8 gelas air mineral per hari.

Dengan memenuhi asupan air mineral, maka akan menghindari atau mencegah terjadinya wajah berminyak. Karena kulit berminyak tak jarang memunculkan masalah baru, salah satu yang cukup ditakutkan adalah munculnya jerawat. Namun jika terhidrasi dengan baik, kulit akan terlihat lebih kencang dan terjaga elastisitasnya.

2. Gunakan pelembap bertekstur ringan

Selain banyak minum air mineral, menggunakan pelembap menjadi sangat penting. Pada kulit berminyak, kulit yang dehidrasi akan membuat kelenjar minyak semakin banyak memproduksi sebum.

Minum banyak air mineral dan menggunakan pelembap sangat perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kulit dehidrasi. Bagi kulit berminyak, pelembap dengan tekstur ringan seperti moisturizer gel bisa menjadi pilihan.

Moisturizer dengan tekstur ringan lebih mudah diserap oleh kulit, serta tidak mengandung mineral oil atau bahan yang bisa menyumbat pori-pori.

3. Gunakan sunscreen dengan hasil matte

Saat musim kemarau, indeks UV bisa semakin meningkat. Tentunya kalian tidak boleh lupa mengaplikasikan tabir surya pada kulit tubuh maupun wajah.

Untuk tubuh, kalian bisa menggunakan spray sunscreen ataupun krim. Sedangkan untuk wajah, para pemilik kulit berminyak dapat memilih produk sun protection dengan hasil matte.

Sunscreen dengan hasil akhir tersebut memiliki tekstur ringan dan bisa membantu mengontrol minyak pada wajah. Kamu juga bisa memilih produk dengan formula sweatproof sehingga kulit tetap tampak segar meski beraktivitas di bawah terik sinar matahari.

4. Jangan membersihkan wajah terlalu sering

Baca Juga : Tak Tahan Lihat Rok Tersingkap, Garangan di Tulungagung Lakukan Pencabulan

Produksi sebum berlebih bisa membuat wajah lebih mudah kusam. Tak sedikit orang yang memilih untuk membersihkan wajah dengan face wash lebih dua kali sehari untuk mengatasinya.

Apalagi terlalu sering mencuci muka bisa menghilangkan kelembapan dan pH alami kulit yang justru bisa membuat wajah makin berminyak. Sehingga, membersihkan wajah di pagi dan malam hari dengan teknik dour cleansing itu sudah cukup.

Jika kalian menerapkan teknik ini, kulit dan pori-pori wajah dapat bersih depan optimal. Selain itu, pilihan facial wash dengan formula lembut untuk mencegah kulit menjadi kering setelah mencuci wajah.

5. Jangan lupakan kertas minyak saat beraktivitas

Kertas minyak khusus wajah bisa menjadi penyelamat bagi kalian yang memiliki oily skin. Jadi, pastikan untuk selalu membawa produk ini di dalam tas ketika banyak beraktivitas di luar ruangan.

6. Hindari menggunakan makeup tebal

Jika tidak ingin wajah berminyak, hindari menggunakan makeup tebal saat beraktivitas di luar ruangan. Sebab pori-pori pun bisa tersumbat karena adanya tumpukan residu produk, keringat, dan sebum sehingga membuat kulit rentan mengalami berbagai masalah. Untuk mengatasinya, lebih baik gunakan makeup yang ringan, terutama saat musim kemarau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kulit berminyak kulit dehidrasi wajah berminyak

Berita Lainnya