Kebiasaan Minum Air seperti Ini Ternyata Bisa Membuat Ginjal  Tidak Sehat | Trenggalek TIMES

Kebiasaan Minum Air seperti Ini Ternyata Bisa Membuat Ginjal Tidak Sehat

May 14, 2022 13:55
Ilustrasi minum air. (Foto: alodokter)
Ilustrasi minum air. (Foto: alodokter)

JATIMTIMES - Minum air setidaknya dibutuhkan  tubuh sebanyak 8 gelas per harinya. Namun jika asal minum air mineral, justru bisa menggerus ginjal.

Hal tersebut diungkapkan ahli herbal dr Zaidul Akbar. Menurut dia, memiliki kebiasaan buruk saat minum air ternyata bisa merusak ginjal kalian.

Baca Juga : 8 Tahun Berturut-turut, Pemkab Bondowoso Berhasil Raih Opini WTP

 

Beberapa kebiasan buruk antara lain minum air dingin dan minum air yang terlalu panas. “Kebiasaan minum air dingin ternyata bisa membuat ginjal tergerus,” kata Zaidul.

Tak hanya merusak ginjal. Minum air dingin bakal membuat seseorang merasa ketagihan. Zaidul menyarankan, sebaiknya seseorang minum air yang kondisinya tidak terlalu dingin.

Kemudian soal minum air panas, suhu tubuh normal manusia itu adalah 37 derajat celcius. Jadi, sebaiknya kondisi air disesuaikan dengan suhu tubuh.

Lalu, minum air saat makan pun ternyata jadi bagian dari kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal. Padahal, minum air saat makan kerap dilakukan orang-orang dan telah jadi kebiasaan sehari-hari.

“Minum lagi makan itu buruk luar biasa," tambah Zaidul. Karena itu, Zaidul menyarankan untuk minum air 15-30 menit sebelum makan.

Baca Juga : Menko Airlangga Dukung Penyandang Disabilitas untuk Terus Produktif dan Berkreasi

 

Selanjutnya minum air setelag makan ternyata sama buruknya bagi kesehatan ginjal. Apalagi jika seseorang langsung minum air selang kurang dari 5 menit setelah makan.

Sebaiknya, minum air udai makan dilakukan pada 15-30 menit setelah menyelesaikan makanannya, agar kinerja ginjal tidak terganggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Minum air ginjal sehat Kebiasaan minum

Berita Lainnya